Select Page

Sumber: @katakerja

Teman-teman pernah denger Kata Kerja nggak? Bukan Kata Kerja yang ada dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia loh. Buat yang belum tahu Kata Kerja, yukk scroll sampai bawah. Soalnya bisa dipastikan kalian nggak bakal nyesel deh. 

Sumber: @katakerja

Kata Kerja merupakan salah satu perpustakaan dan klub buku di Makassar. Perpustakaan ini sudah ada sejak tahun 2014 dan masih tetap berdiri hingga sekarang. Salah satu pendiri dari perpustakaan ini adalah Aan Mansyur, penulis buku Tidak Ada New York Hari Ini, Melihat Api Bekerja, dan masih banyak lagi. Alasan beliau untuk mendirikan perpustakaan ini adalah sebagai wadah bagi para pecinta buku untuk berkumpul dan saling bertukar pikiran. Kata kerja menjadi menghubung bagi para pecinta buku yang ingin bertukar opini mengenai literatur yang dibacanya. Tidak hanya sebagai wadah bagi pembaca, Kata Kerja juga menjadi penghubung untuk orang-orang yang senang berkecimpung di dunia seni seperti bedah film, kelas menulis, dan kelas seni kerajinan yang dipandu langsung oleh Aan Mansyur sendiri. Bukan hanya oleh Aan mansyur, banyak juga penulis terkenal dari Indonesia yang diundang sebagai pembicara dalam diskusi mingguan, mulai dari Okky Madasari, Nicholas Saputra, hingga Sapardi Djoko Damono dimana hampir semua kelas yang diadakan di Kata Kerja tidak memungut biaya apapun. Tidak hanya itu, Kata Kerja juga hadir setiap tahunnya di acara Makassar International Writers Festival untuk menyediakan buku bagi para pengunjung yang tertarik untuk membaca. 

Sumber: @katakerja

Bila ingin berkunjung ke perpustakaan ini kalian bisa langsung dateng aja ke tempat ini. Lokasinya sendiri dekat dari Univesitas Hasanuddin, yaitu di Jalan BTN Wesabbe  blok C/64. Letaknya nggak jauh dari pintu gerbang kompleks ini kok temen-temen. Lalu, syaratnya apa aja sih kalau mau meminjam buku? Nggak perlu khawatir temen-temen, syarat untuk meminjam buku di sini itu, tinggal bawa buku yang mau kalian sumbangkan ke perpustakaan ini. Bukunya bisa random, nggak mesti novel atau cerpen, komik yang kalian udah baca juga bisa disumbangin loh. Selain itu kalian cuma perlu membayar biaya pembuatan kartu perpustakaan sebesar 10,000 rupiah. 

Sumber: @katakerja

Koleksi buku yang dimiliki perpustakaan ini juga sangat beragam. Mulai dari bacaan akademik, komik, majalah, novel karya penulis terkenal, hingga novel klasik juga ada disini. Karena sistem donasi yang diberlakukan pada saat menjadi anggota baru, buku-buku yang dimiliki tidak hanya berbahasa Indonesia, tetapi juga berbahasa Inggris. Mulai dari Norwegian Wood karya Haruki Murakami hingga 1984 oleh penulis terkenal George Orwell. Kalian dapat meminjam buku-buku keren ini selama seminggu dan batas peminjaman adalah dua buku tiap kunjungan.  Bukunya sendiri bebas untuk dibawa pulang sesuai dengan ketentuan pengembalian tadi ya temen-temen.

Sumber: @katakerja

Selain sebagai tempat untuk meminjam buku, perpustakaan ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat bersantai. Kalian bisa mengajak teman-teman kalian untuk sekedar mengobrol atau mengerjakan pekerjaan rumah di tempat ini apabila sedang tidak ingin membaca. Suasana ruangan yang tenang membuat kalian akan betah berlama-lama. Perpustakaan ini juga memiliki dekorasi-dekorasi yang sangat Instagrammable.   

Gimana temen-temen keren kan tempatnya? Apabila kalian sedang jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa untuk berkunjung ke perpustakaan ini ya. Seperti slogan dari Kata Kerja sendiri, “Let’s meet at the library”.

Oleh: Paulina Armada